1.1.
Komputer
Komputer
adalah sebuah mesin hitung elektronik yang secara cepat menerima informasi
masukan digital dan mengolah informasi tersebut menurut seperangkat instruksi
yang tersimpan dalam komputer tersebut dan menghasilkan keluaran informasi yang
dihasilkan setelah diolah. Daftar perintah tersebut dinamakan program komputer
dan unit penyimpanannya adalah memori komputer. Dalam bentuk yang paling
sederhana komputer terdiri dari lima bagian utama yang mempunyai fungsi
sendiri-sendiri. Unit-unit tersebut adalah: masukan, memori, aritmetika dan
logika, keluaran dan kontrol
Unit
masukan menerima informasi yang yang dikodekan dari operator manusia lewat alat-alat
elektromekanik seperti papan ketik pada suatu terminal video, atau dari
komputerkomputer lain lewat jalur komunikasi digital. Informasi yang diterima
dan disimpan dalam memori untuk dipergunakan kelak, atau langsung diolah oleh
rangkaian aritmetika dan logika untuk melaksanakan operasi yang diinginkan.
Langkah-langkah pengolahan ditentukan oleh program yang disimpan dalam memori.
Akhirnya hasil-hasil yang diperoleh dikirimkan kembali keluar melalui unit
keluaran. Seluruh kegiatan ini dikoordinasi oleh unit kontrol.
1.2.
Organisasi
Komputer
Organisasi
Komputer adalah bagian yang terkait erat dengan unit–unit operasional dan
interkoneksi antar komponen penyusun sistem komputer dalam merealisasikan aspek
arsitekturalnya. Contoh aspek organisasional adalah teknologi hardware,
perangkat antarmuka, teknologi memori, sistem memori, dan sinyal–sinyal
kontrol. Arsitektur Komputer lebih cenderung pada kajian atribut–atribut sistem
komputer yang terkait dengan seorang programmer. Contohnya, set instruksi, aritmetika
yang digunakan, teknik pengalamatan, mekanisme I/O. Sebagai contoh apakah suatu
komputer perlu memiliki instruksi pengalamatan pada memori merupakan masalah
rancangan arsitektural. Apakah instruksi pengalamatan tersebut akan
diimplementasikan secara langsung ataukah melalui mekanisme cache adalah kajian
organisasional. Perbedaan Utama Organisasi Komputer
Bagian yang terkait erat dengan unit–unit
operasional Contoh: teknologi hardware,
perangkat antarmuka, teknologi memori, sistem memori, dan sinyal–sinyal kontrol
Arsitektur Komputer
atribut–atribut sistem komputer yang terkait
dengan seorang programmer
Contoh: set instruksi, aritmetika yang
digunakan, teknik pengalamatan, mekanisme I/O
1.3.
Struktur
dan Fungsi Utama Komputer
Struktur
Komputer Komputer adalah sebuah sistem yang berinteraksi dengan cara tertentu
dengan dunia luar. Interaksi dengan dunia luar dilakukan melalui perangkat
peripheral dan saluran komunikasi. Dalam buku ini akan banyak dikaji seputar
struktur internal komputer., terdapat empat struktur utama:
Central Processing Unit (CPU), berfungsi
sebagai pengontrol operasi komputer dan pusat pengolahan fungsi – fungsi
komputer. Kesepakatan, CPU cukup disebut sebagai processor (prosesor) saja.
Memori
Utama, berfungsi sebagai penyimpan data.
I/O,
berfungsi memindahkan data ke lingkungan luar atau perangkat lainnya.
System
Interconnection, merupakan sistem yang menghubungkan CPU, memori utama dan I/O
Fungsi
komputer didefinisikan sebagai operasi masing-masing komponen sebagai bagian
dari struktur. Adapun fungsi dari masing-masing komponen dalam struktur di atas
adalah sebagai berikut:
1. Input Device (Alat Masukan)
Adalah
perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai alat untuk memasukan data atau
perintah ke dalam komputer. Contoh : keyboard
2. Output Device (Alat Keluaran)
Adalah
perangkat keras komputer yang berfungsi untuk menampilkan keluaran sebagai
hasil pengolahan data. Keluaran dapat berupa hard-copy (ke kertas), soft-copy
(ke monitor), ataupun berupa suara.
3. I/O Ports
Bagian
ini digunakan untuk menerima ataupun mengirim data ke luar sistem. Peralatan
input dan output di atas terhubung melalui port ini.
4. CPU (Central Processing Unit)
CPU
merupakan otak sistem komputer, dan memiliki dua bagian fungsi operasional,
yaitu: ALU (Arithmetical Logical Unit) sebagai pusat pengolah data, dan CU
(Control Unit) sebagai pengontrol kerja komputer.
5. Memori
Memori
terbagi menjadi dua bagian yaitu memori internal dan memori eksternal. Memori
internal berupa RAM (Random Access Memory) yang berfungsi untuk menyimpan
program yang kita olah untuk sementara waktu, dan ROM (Read Only Memory) yaitu
memori yang hanya bisa dibaca dan berguna sebagai penyedia informasi pada saat
komputer pertama kali dinyalakan.
6. Data Bus
Adalah
jalur-jalur perpindahan data antar modul dalam sistem komputer. Karena pada
suatu saat tertentu masing-masing saluran hanya dapat membawa 1 bit data, maka
jumlah saluran
menentukan
jumlah bit yang dapat ditransfer pada suatu saat. Lebar data bus ini menentukan
kinerja sistem secara keseluruhan. Sifatnya bidirectional, artinya CPU dapat
membaca dan menerima data melalui data bus ini. Data bus biasanya terdiri atas
8, 16, 32, atau 64 jalur paralel.
7. Address Bus
Digunakan
untuk menandakan lokasi sumber ataupun tujuan pada proses transfer data. Pada
jalur ini, CPU akan mengirimkan alamat memori yang akan ditulis atau dibaca.
8. Control Bus
Control
Bus digunakan untuk mengontrol penggunaan serta akses ke Data Bus dan Address
Bus. Terdiri atas 4 sampai 10 jalur paralel.
Macam
- Macam Perangkat Masukan (Input Device):
1.
Keyboard
Keyboard
adalah sebuah perangkat masukan yang digunakan untuk memasukan data berupa
huruf, angka maupun symbol tertentu serta melakukan perintah-perintah untuk
menyimpan file dan membuka file. Keyboard disebut juga sebagai papan ketik pada
komputer.
2.
Mouse
Mouse
adalah sebuah perangkat masukan yang berguna sebagai penunjuk posisi kursor/pointer
pada layar monitor.
3.
Joystick
Joystick
adalah alat masukan yang digunakan untuk memasukan perintah untuk menggerakan
permainan pada komputer.
4.
Trackball
Trackball
adalah perangkat keras yang digunakan sebagai alat penunjuk berupa sebuah bola
yang memiliki sensor untuk mendeteksi gerakan.
5.
Lightpen
Lightpen
adalah pointer elektronik yang digunakan untuk memodifikasi dan men-desain gambar
dengan screen(monitor)
6.
Scanner
Scanner
adalah alat input yang mempunyai fungsi hampir mirip dengan mesin fotocopy.
Dengan proses penggunaannya mengcopy data objek lalu dipindahkan kedalam memory
komputer yang hasilnya dapat dilihat pada layar monitor.
7.
Barcode Reader
Barcode
Reader adalah perangkat yang digunakan untuk membaca barcode data
8.
Digitizer
Digitizer
adalah perangkat masukan yang berfungsi untuk merubah perangkat atau data
analog menjadi data digital
9.
CD ROM / DVD ROM
CD
ROM / DVD ROM adalah perangkat yang berfungsi untuk membaca data atau program
dari media penyimpanan data CD atau DVD.
Macam
- Macam Perangkat Keluaran (Output Device):
1.
Monitor
Monitor
adalah sebuah perangkat keras yang digunakan untuk mengeluarkan hasil
pemerosesan yang dilakukan oleh komputer berupa informasi yang dibutuhkan oleh
orang yang memakai komputer.
2.
Printer
Printer
adalah perangkat keras keluaran yang digunakan untuk mencetak data seperti
gambar/foto, tulisan pada media kertas.
3.
Speaker
Speaker
adalah perangkat keras yang berfungsi untuk mengeluarkan hasil pemerosesan
berupa suara dari komputer.
4.
Projector
Projecetor
adalah perangkat keras yang mengintegrasikan sumber cahaya, sistem optic
elektronik, dan display dengan tujuan untuk memproyeksikan gambar atau video ke
dinding atau layar.
5.
Network Card
Network
Card adalah perangkat keras yang digunakan sebagai jembatan penghubung antara
komputer server dengan komputer client.
6.
Tv Tuner Card
Tv
Tuner Card adalah perangkat keras yang digunakan untuk menyiarkan tv pada
komputer.
7.
Modem
Modem
adalah perangkat keras yang digunakan untuk menghubungkan komputer ke jaringan
internet. Modem juga bisa sebagai media masukan ataupun keluaran.
Komponen
yang paling menarik dan kompleks adalah CPU, komponen-komponen struktur utamanya
adalah
Control
Unit : Mengontrol operasi CPU dan pada
giliranya mengontrol komputer
ALU
( Arithmetic and Logic Unit ) : Membentuk fungsi-fungsi pengolahan data
komputer
Register
: Sebagai penyimpanan internal bagi CPU
CPU
Interconnections: Sejumlah mekanisme komunikasi Antara control unit , ALU dan
register-register Struktur fisik menetapkan modul fisik dan hubungan
diantaranya. Struktur fisik tidak mempengaruhi kinerja hanya saja berpengaruh
terhadap biaya
CPU
(Central Processsing Unit ) :
Mengontrol
operasi komputer dan membentuk fungsi-fungsi pengolahan data. Seringkali CPU
disebut sebagai processor saja
Memori
Utama : Menyimpan data
I/O
: Memindahkan data Antara komputer dengan lingkungan luar
Sistem
interkoneksi : Beberapa mekanisme komunikasi antar CPU, memori utama, dan I/O
Tidak ada komentar:
Posting Komentar